Filsuf George Berkeley

George Berkeley (1685-1753)
"Semua paduan suara langit dan furnitur bumi - dalam kata, semua badan yang menyusun kerangka dunia - belum subsisten tanpa pikiran," adalah pandangan George Berkeley, seorang uskup Irlandia dan filsuf. Dia adalah seorang empiris dan merupakan salah satu pendukung paling menonjol dari empiris Idealisme. Idealisme adalah pandangan bahwa benda-benda fisik tergantung pikiran dan tidak memiliki eksistensi di luar pikiran yang merenungkan mereka. Artinya, hal-hal fisik hanya ada dalam arti bahwa mereka dianggap. Dalam kata-kata yang sangat sederhana: materi tidak ada! [1] Berkeley sangat terganggu oleh munculnya sikap skeptis dan ateisme. Dia memandang materialisme sebagai penyebab utama tren ini dan membuat target untuk membuktikan materialisme dan untuk membuktikan keberadaan Tuhan. 

Berkeley keras mengkritik gagasan ide-ide abstrak. [Sebagai contoh, saya hanya melihat segitiga tertentu, tetapi pendukung ide-ide abstrak mempertahankan bahwa yang ada dalam pikiran saya ide abstrak dari 'segitiga', yang independen dari ini segitiga tertentu saya lihat.] Berkeley percaya bahwa pikiran manusia memiliki tidak tahu abstrak seperti. Mengambil contoh dari kuda, Berkeley mengatakan bahwa jika kita memeriksa pikiran kita kita akan menemukan ide ini atau itu kuda tertentu, tetapi tidak pernah ide 'horsiness' atau kuda abstrak. 

Berkeley, di Idealisme-nya, memanfaatkan kebingungan yang diciptakan oleh Locke. Locke telah menggunakan ide kata sebagai meliputi dua makna: 1) ide sebagai isi pengetahuan dan 2) ide apapun pikiran merasakan. Meskipun ia dimaksudkan untuk menjaga dua penggunaan yang terpisah, mengakibatkan kebingungan antara obyek kesadaran dengan keadaan sadar. Berkeley mempertahankan penggunaan bingung ini. 

Berkeley menerima prinsip berbaring oleh Locke bahwa semua pengetahuan kita memperoleh berasal dari indera dan pengalaman. Namun, ia mengkritik Locke untuk aplikasi yang tidak tepat dari konsep ini. Dia setuju dengan Locke pada subjektivitas kualitas sekunder yaitu kualitas seperti rasa, warna, suara dan bau yang tidak hadir dalam objek itu sendiri, tetapi diproduksi oleh kami. Tapi Locke juga mengatakan bahwa kualitas utama yang hadir intrinsik dalam objek. Berkeley tidak setuju dengan hal ini. Kualitas primer adalah sebagai subjektif sebagai kualitas sekunder. Dia menunjukkan bahwa persepsi tentang bentuk dan ukuran tergantung pada posisi matanya, pengalamannya soliditas tergantung pada rasa sentuhan, dan gagasan gerak selalu relatif terhadap posisinya sendiri. Sebuah tongkat lurus muncul membungkuk ketika ditempatkan dalam air; bakteri tampak lebih besar jika dilihat melalui mikroskop. Perbedaan antara kualitas primer dan sekunder, oleh karena itu, tidak sah. 

Berkeley menyatakan bahwa satu-satunya hal yang ada adalah apa yang kita rasakan, dan, katanya, kita tidak pernah mengalami atau dianggap "masalah". Jika pembaca cenderung senyum skeptis, tidak mengherankan. Jelas, orang biasa akan mengatakan, kami telah dianggap materi. Setiap kali palu pemogokan ibu jari kita, apa lagi yang kita rasakan, jika tidak penting? Memang, Dr. Johnson [2] menanggapi ini dengan menendang batu dan membuktikan, karena ia pikir, bahwa batu itu ada. 

Tapi apakah itu benar-benar membuktikan bahwa batu itu ada? Apakah Dr Johnson benar-benar 'pengalaman' batu? Ketika ia menendangnya, ia pasti merasakan sesuatu yang keras dan padat. Dia memiliki sensasi kekerasan, tapi dia tidak pernah merasakan hal yang sebenarnya dari batu. Dia mungkin telah menendang batu dalam mimpi dan mengalami rasa sakit yang sama, tetapi tidak ada batu hadir dalam kasus ini. Berkeley bersikeras bahwa semua benda yang masuk akal tidak lebih dari koleksi kualitas yang masuk akal, sehingga mereka hanya ide-ide yang kompleks dalam benak orang-orang yang melihat mereka. Oleh karena itu, tidak ada benda-benda material. Harus dipahami bahwa Berkeley tidak menyangkal adanya hal-hal yang masuk akal yaitu dari apa yang dirasakan langsung oleh indera. Namun dia mengatakan bahwa 'hal-hal' yang tidak benda material, tapi ada 'ide' dalam pikiran. 

Berkeley percaya bahwa 'Menjadi yang akan dirasakan' dan 'Menjadi adalah untuk memahami'. Dia mengatakan bahwa tidak ada hal seperti itu bisa ada yang tidak menerima pantulan atau sedang dirasakan. Dia meminta para pembacanya untuk memikirkan objek yang masuk akal yang ada secara independen dari perseptor apapun. Ini mungkin tampak tugas yang mudah, tetapi tidak begitu. Misalkan Anda membayangkan sesuatu yang sangat jauh - kira, sebuah rumah di sebuah hutan yang terisolasi - tidak ada yang merasakan. Tetapi jika saya berpikir tentang hal itu, hadir dalam pikiran saya; dan karena itu hadir dalam pikiran saya, rumah seharusnya adalah tetap mental. 

Hal ini menimbulkan sedikit masalah: keberadaan apa yang saya lihat tergantung pada saya melihatnya. Jadi, apakah hal 'menghilang' setiap kali saya menutup mata saya? Apakah ini berarti bahwa setiap kali aku berkedip, hal muncul dari keberadaan dan lagi dibuat? Sebagai pembaca akan merasa, itu adalah gagasan yang sangat masuk akal, meskipun, tegasnya, praktis tidak ada bedanya. 

Meskipun demikian, Berkeley memiliki jalan keluar dari itu. Dia mengatakan bahwa keberadaan apa yang saya anggap tidak hanya tergantung pada saya merasakannya; itu akan ada selama orang merasakan itu. Ketika saya menutup mata saya, objek Infront saya akan terus ada jika seseorang perceving itu. Dan ini 'seseorang' kebetulan Tuhan. Bahkan ketika tidak satupun dari kita merasakan objek apapun, Allah tidak. Semua hal yang permanen hadir dalam pikiran Allah, dan mereka ada secara independen dari persepsi kita. Jadi, Berkeley menyatakan bahwa keberadaan Allah jauh lebih jelas dirasakan dari keberadaan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, Berkeley berpikir, materialisme dikalahkan dan kepercayaan kepada Tuhan dipulihkan. 

Namun, Berkeley memiliki pengkritiknya. Argumennya bukan tanpa kekurangan dan bisa dibantah sampai batas tertentu. Bertrand Russell menulis: "Dia [Berkeley] berpikir bahwa ia membuktikan bahwa semua realitas mental; apa dia membuktikan bahwa kita melihat kualitas, bukan hal-hal, dan bahwa kualitas yang relatif terhadap penerima. " [3] 

Mengacu pada tantangan untuk hamil obyek [katakanlah, sebuah rumah] yang tidak ada merasakan, Russell menjawab: "" Saya tidak bermaksud bahwa saya ada dalam pikiran gambar rumah; ketika saya mengatakan bahwa saya bisa hamil rumah yang tidak ada merasakan, apa yang saya benar-benar berarti adalah bahwa saya dapat memahami proposisi "ada rumah yang tidak ada merasakan", atau, lebih baik lagi, "ada sebuah rumah yang tidak ada yang baik merasakan atau conceives. "." Proposisi ini seluruhnya terdiri dari kata-kata dimengerti ... Saya yakin bahwa itu tidak dapat terbukti saling bertentangan. " [4] 

Hal ini dimungkinkan untuk hal-hal yang ada, yang belum pernah disusun atau dirasakan sebelumnya, misalnya: serangkaian bilangan bulat berlangsung hingga tak terbatas; itu berarti bahwa akan ada banyak bilangan bulat, yang tidak pernah memikirkan, namun, mereka ada. Namun, Berkeley bisa menanggapi hal ini dengan mengatakan bahwa integer hanya datang menjadi ada ketika orang berpikir tentang hal itu, atau mungkin bahwa Allah telah memikirkan semua bilangan bulat sampai tak terhingga. 

Berkeley adalah, pada kenyataannya, hanya empiris parsial dan telah gagal untuk mengembangkan prinsip-prinsip empiris untuk kesimpulan logis mereka. Hal ini ditunjukkan oleh Hume, yang akan berada di bawah pertimbangan kami dalam bab berikutnya.








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar